Pada tutorial Bagian ke dua ini kita akan mewarnai dengan sistem block pada gambar yang telah di seleksi dan dibersihkan pada tutorial yang pertama. nati hasil pewarnaannya masih dua dimensi atau terkesan plat.
baik langsung saja ke Teee Kaaaa Peeeeeeee.....
1. Convert Gambar mode CMYK
setelah tutorial kesatu gamar atau image yang telah di bersihkan dari titik-titik yang mengganggu dan menambal garis-garis yang putus. langkah berikutnya adalah mengconvert image tersebut dari bitmap menjadi CMYK.
langkah pertama image yang telah dibuka di program Photoshop kita duplicate atau di copy, tujuannya supaya jika terjadi kesalahan kita masih punya gambar yang orisinal atau asli. kita lihat di pojok kanan paling bawah di ruang kerja Photoshop ada layer, chanel dan Phats. kita klik yang layer disini nama file nya Background. langsung image tersebut kita tarik kebawah ke menu copy, sehingga image yang kita miliki menjadi dua layer. (Gambar 01)
Gambar 01. Duplicate image |
2. setelah image atau gambar ada dua, maka di layer kita klik gambar yang paling atas, kemudian arahkan kursor menuju tolbar photoshop bagian atas (Gambar 02) ke Image- pilih Grayscale (Gambar 03).
Gambar 02. Format awal gambar, Bitmap |
Gambar 03. merubah format gambar dari bitmap menjadi Grayscale |
3. Image-Grayscale, ketika di clik Grayscale maka akan muncul popmenu Grayscale disana ada Size Ratio kita pilih angka satu, clik Ok (Gambar 04)
Gambar 04. Size Ratio |
4. Setelah size ratio di klik ok kita klik lagi menu IMAGE-CMYK colour (Gambar 05)
Gambar 05. Conver image ke CMYK |
5. setelah gambar menjadi CMYK, langsung arahkan kursor ke Paint Bucket Tool (G).(Gambar 06)
Gambar 06. menu Paint Bucket Tool (G) |
6. Arahkan kursor ke Paletcolour yang terletak sebelah kanan atas yang terdiri dari warna yang di kotak-kotak. pilih warna yang kita inginkan untuk warna kulit terlebih dahulu.(Gambar 07)
Gambar 07. Palletcolour |
7. Setelah dapat warna yang diinginkan untuk kulit kemudian klik Paint Bucket tool (G) langsung kita arahkankebidang kulit yang kita inginkan.(Gambar 08)
Gambar 08. Pewarnaan Kulit |
8. Setelah pewarnaan bagian kulit selesai kita lanjut ke pewrnaan rambut, seperti pewarnaan kulit langsung kita klik Eyedropper Tool (i), kemudian langsung pilih palete warna untuk rambut, dominan yang dipakai biasanya hitam, tapi jangan pilih hitam yang 100 persen didini kita bisa pilih Grayscale 70% atau 80% tujuannya supaya nanti ditahap finishing atau pencahayaan kesan 3D nya bisa terlihat jelas.
Gambar 09. Pallete pewarnaan rambut |
9. Pengerjaan untuk rambut sama dengan kulit setelah selesai block atau mewarnai semua bagian rambut, cek kembali menggunakan zoom (Z) siapa tau ada bagian-bagian atau bidang kecil yang terlewat.
(Gambar 10). lalu masuk tahap berikutnya pewarnaan baju, sepatu, papan tulis dan bibgkai papan tulis langkahnya sama dengan pewarnaan rambut dan kulit. (Gambar 11 dan 12).
Gambar 10. Detail pewarnaan rambut |
10. Pewarnaan sepatu
Gambar 11.pewarnaan sepatu |
11. Pewarnaan celana
Gambar 12. Pewarnaan baju |
12. kalau kita lihat disini objek gambar kita lihat garis pembatas diding ruangan sekolah dan lantai ruangan sekolah tampak garisnnya terlalu pendek, sehingga jika kita paksakan di warnai atau block pada dinding ruangan sekolah maka sekaligus juga wewarnai lantai sekolah, maka kita harus membuat garis tambahan atau pembatas warna. hal seperti ini disebabkan karena kurang telitinya sang penggambar. langkah yang kita lakukan adalah klik Rectangular Marcue Tool (M), kemudian langsung centangkan(selanjutnya bahasanya di sebut seleksi) kegaris pembatas tesebut lalu dicopy-control C atau bisa juga ketika garis telah diseleksi langsung kita klik Move tool (V) kemudian tekan Alt pada keyboard lalu tarik.
Gambar 13. membuat garis baru |
13. Setelah dicopy garis tersebut kemudian paste, lalu klik move tool (V) dan sejajarkan dengana garis yang di copy supaya lurus(Gambar 14 dan gambar 15)
Gambar 14. Copy paste garis |
14. Tarik garis hasil copy Paste sejajar dengan garis utama yang di copy tadi. (Gambar 15) lakukan baik bidang yang sebelah kiri atau bidang sebelah kanan.
Gambar 15. Mensejajarkan garis hasil copy paste agar lurus |
15. Ok jadi satu bidang gambar yang terpisahkan oleh garis antara dinding dan lantai (Gambar 16)
Gambar 16. Gambar utuh setelah penambahan garis |
16. lanjutkan dengan mewarnai dinding dan lantai sesuai dengan warna yang di kehendaki.(Gambar 17)
Gambar 17. pewarnaan dinding dan lantai |
17. Tahap pewarnaan dasar atau Blocking selesai
Gambar 18. Hasil Pewarnaan Blocking |
18. Inilah nanti hasil tahap ketiga atau Pewarnaan Finishing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar